Sejarah

Sejarah


Secara historis Puruk Cahu telah memiliki Rumah Sakit yang dibangun dan berdiri sejak tahun 1950 dan terletak di Jalan Ahmad Yani (lokasi Puskesmas Puruk Cahu saat ini) dan bernama Rumah Sakit Umum Puruk Tjahu. Pada mulanya RSU ini memiliki 1 ruang periksa, 1 kamar kartu yang bergabung dengan kamar jaga perawat, 1 ruang tindakan, 1 ruang suntik, 1 ruang obat, 1 ruang balut perban. Selain itu Rumah Sakit ini memiliki ruang bangsal pria, ruang bangsal wanita, ruang dapur, ruang tata usaha, ruang gudang dan 1 kamar jenazah. Saat masih berada di lokasi ini, RSU Puruk Tjahu ini dipimpin oleh seorang tenaga perawat bernama Ruben Rampai. Setelah kepemimpinan Ruben Rampai, RSU ini pernah dipimpin oleh dr. Kolopaking, dr. Suroso, dr. Jo Winarno, dr. Tiel Jabar, dr. Hasan Zain, dr. Suharjono, dr. Tjandra Kristanto. Dalam sejarahnya, Puruk Cahu saat itu masih berstatus Kabupaten Administratif, diperkirakan pada Oktober 1983, direlokasi ke areal yang baru di Jalan Ahmad Yani No.497 yang ada sekarang ini pada masa kepemimpinan Direktur RSU dr. Tjandra Kristanto. Selanjutnya di lokasi yang baru, RSU Puruk Cahu terdiri dari ruang rawat inap, apotik dan sebuah kantor yang merupakan ruangan IGD saat ini.

Tahun 1993, Rumah Sakit ini semakin berkembang dan terdiri dari ruangan poliklinik, kamar kebidanan, ruang radiologi, dan unit gawat darurat. Pada tahun 2000, terjadi penambahan ruangan yaitu ruang laboratorium, ruang bedah. Sejak Puruk Cahu ditetapkan menjadi kabupaten pemekaran yaitu Kabupaten Murung Raya pada tanggal 1 Agustus 2002, maka Rumah Sakit ini menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Murung Raya.

Tahun 2004 sampai dengan tahun 2005 bertambah ruangan VIP, dapur, laundry, IPSRS, juga kamar jenazah. Tahun 2006 sampai dengan tahun 2007, ruang Paru Dalam kelas I, II, dan III dibangun. Kemudian sepanjang tahun 2010 sampai dengan tahun 2011, ruang rawat inap bedah dan ruang rawat inap anak dibangun dan difungsikan. Sejak RSU pindah ke lokasi saat ini, RSU Puruk Tjahu yang akhirnya berubah nama menjadi RSUD Puruk Cahu pernah dipimpin oleh dr. Bambang Dwi Hayunanto, dr. R.Hendro Prasetyo, dr. Sudaryanto, Sp.OG, dr. Suria Siri, dr. Bintarti Amalia, DESS, Sp.P dan akhirnya saat ini dipimpin oleh drg. Marthin Maha, Sp.Ort.